Cara Merawat Burung Merpati Balap Yang Baik Dan Benar Khusus Pemula

Monday, November 21st, 2016 - Merpati
Advertisement

Sudah jelas bahwa burung merpati balap merupakan jenis merpati tertentu yang khusus dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan sekedar hobi atau bahkan meraih keuntungan pribadi. Seperti namanya, merpati jenis ini nantinya akan diikutsertakan dalam kontes atau perlombaan yang tujuannya adalah untuk mengetahui merpati mana yang paling cepat dalam mencapai titik akhir rute perlombaan.

Nah, bisa Anda bayangkan, apa saja yang harus dipersiapkan oleh para pemilik merpati balap untuk bisa mengikutsertakan merpati kesayangannya dalam kontes dan bahkan memenangkannya. Terdapat beberapa hal yang rela dilakukan oleh para pemilik merpati balap untuk menjadikan merpati peliharaannya unggul dalam kontes yang diikuti.

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja hal tersebut? Ataukah Anda masih tergolong pemain baru di hobi unik ini? Jangan khawatir, Anda bisa menyimak cara merawat burung merpati balap yang baik dan benar khusus pemula berikut ini.

Advertisment
cara-merawat-burung-merpati-balap-yang-baik-dan-benar-khusus-pemula

Cara Merawat Burung Merpati Balap Yang Baik Dan Benar Khusus Pemula

Makanan Yang Bergizi

Tidak bisa dipungkiri, makanan merupakan faktor penting dalam menjamin performa merpati balap. Hal ini berarti, Anda tidak bisa memberikan pakan sembarangan kepada merpati balap yang sedang Anda latih untuk mengikuti kontes. Layaknya manusia, merpati balap akan tumbuh baik jika Anda memberikan pakan yang bernutrisi cukup.

Coba berikan pakan yang terdiri dari beberapa macam biji-bijian dan bahan lain, seperti beras merah, jagung, gabah, beras ketan, beras putih, dan kacang tanah. Campurkan semua bahan itu menjadi satu dan berikan pada merpati balap Anda. Dengan begitu, merpati Anda akan mendapatkan gizi yang cukup dari beberapa jenis pakan yang memang bagus untuknya.

Vitamin Tambahan

Meskipun asupan ini hanya tambahan, tapi ketahuilah bahwa pemberian vitamin akan sangat berdampak pada stamina dan performa merpati Anda, baik dalam proses latihan maupun perlombaan. Selain itu, vitamin juga dapat menghindarkan merpati balap Anda dari penyakit dan stress yang biasa menyerang fisik dan mental merpati balap.

Anda bisa memilih untuk memberikan vitamin buatan atau alami. Namun, tentu saja vitamin alami lebih disarankan. Anda bisa membuatnya dengan mencampur kuning telur bebek, madu, minyak ikan, vitamin A, B dan C lalu berikan kepada merpati Anda sekurang-kurangnya 2 kali seminggu.

Kebersihan Yang Terjaga

Kebersihan burung dan sangkar harus selalu dijaga jika Anda menginginkan kualitas burung yang bagus. Kotoran dalam sangkar burung merpati balap Anda harus dibersihkan secara merata setiap hari dan diselangi dengan pemberian desinfektan setiap 2 minggu. Hal ini bertujuan untuk membebaskan sangkar dari bakteri, virus dan materi-materi berbahaya lainnya.

Yang juga tidak boleh dilupakan adalah melatih merpati untuk terbiasa dengan arena balap, dengan cara membiasakannya untuk terbang dengan jarak yang sedikit demi sedikit ditingkatkan. Dengan kata lain, lakukan pelatihan terbang secara bertahap. jangan lupa baca juga artikel mengenai Jenis-jenis burung jalak

daftar harga pasaran labet

Advertisement
Cara Merawat Burung Merpati Balap Yang Baik Dan Benar Khusus Pemula | admin | 4.5