Cara Merawat Burung Kacer Setelah Mabung Supaya Cepat Bunyi

Wednesday, November 16th, 2016 - Kacer
Advertisement

Sebelum Anda memutuskan untuk merawat dan memelihara burung Kacer, ketahuilah bahwa suatu saat yang akan datang, burung Kacer milik Anda harus melalui fase yang biasa disebut dengan mabung. Mabung merupakan proses burung Kacer dalam merontokkan bulu-bulunya sebagai bagian dari fase hidupnya. Nah, sayangnya, setelah proses ini, kebanyaka burung Kacer akan menjadi kurang bersemangat dan kehilangan kicauannya.

Hal ini lah yang banyak diresahkan oleh para kicau mania yang merawat burung Kacer. Setelah mabung, burung Kacer kehilangan kemampuan gacornya sehingga dia menjadi jauh tidak menarik. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya masa ini akan berlalu dan burung Kacer selanjutnya dapat dilatih kembali supaya gacor seperti sediakala.

cara-merawat-burung-kacer-setelah-mabung-supaya-cepat-bunyi

Cara Merawat Burung Kacer Setelah Mabung Supaya Cepat Bunyi

Advertisment

Namun, terdapat perawatan yang diperlukan untuk membantu burung Kacer mendapatkan energinya kembali. Hal tersebut dikarenakan selama mabung, burung Kacer menggunakan banyak energinya sehingga akhirnya dia menjadi lemas dan kehilangan gacornya.

Ciri-Ciri Burung Kacer yang Mabung

Jika Anda kurang begitu yakin apakah burung Kacer milik Anda sedang mabung apa tidak, Anda bis memeperhatikan apakah dia menunjukkan ciri-ciri seperti mata yang terlihat sayu, bulu yang terlihat kusam dan bahkan rontok hingga 4 helai sehari. Selain itu, burung Kacer yang mabung juga akan terlihat enggan untuk berkicau, sebagai akibat dari energinya yang tersedot selama bulu-bulunya rontok.

Perawatan Burung Kacer Pasca Mabung

Setelah Anda pastikan bahwa burung Kacer Anda memang sedang mabung, bersiaplah untuk melakukan serangkaian perawatan yang fungsinya adalah untuk menyuplai tambahan energy untuk burung kesayangan Anda. Selama burung Kacer mabung, disarankan bagi Anda untuk memasang kerodong pada sangkarnya guna menghindarkan burung Kacer dari gangguan dan membuatnya si burung lebih tenang.

Kemudian, setelah masa mabung berakhir, pastikan bahwa Anda memberikan voer yang berkualitas untuk burung Kacer Anda. Pakan ini penting untuk memenuhi gizi yang diperlukan oleh si burung, terutama pada masa yang cukup kritis. Selain pakan utama tersebut, pakan ekstra alias extra food juga disarankan, seperti kroto, ulat hongkong dan jangkrik yang bisa diberikan selama 1 minggu pasca masa mabung.

Tidak hanya itu, pemberian multivitamin juga sangat penting, mengingat pakan yang biasa diberikan mungkin belum cukup memberi nutrisi ekstra bagi si burung. Pertimbangkan untuk menambahkan multivitamin seperti Ebod Vit yang mengandung vitamin B1, vitamin A, vitamin B12, vitamin B6 dan lain-lain untuk menambah stamina si burung.

Dan tidak lupa, bersihkan sangkar burung secara rutin selama paling tidak 3 hari sekali menggunakan shampoo untuk burung. Kebersihan sangkar akan mencegah penyakit menjangkiti si burung yang sedang dalam kondisi lemah. baca juga artikel mengenai Harga Murai Batu di bandung

cirikacer periangan,ciri-ciri kacer petarung,ciri pisik kacer priangan,ciri kcer priangan,ciri kacer pr,ciri kacer jantan petarung,cara perawatan kacer setelah mabung,cara merawat burung love bird mabung,cara membedakan kacer priangan jantan dan betina,perawatan kacer setelah mabung

Advertisement
Cara Merawat Burung Kacer Setelah Mabung Supaya Cepat Bunyi | admin | 4.5