Cara Menjinakan Pleci Agar Akrab Jinak Dengan Pemiliknya

Thursday, November 17th, 2016 - Pleci
Advertisement

Burung Pleci memang terlihat menawan dengan warna bulu hijau yang khas dan lingkaran putih hitam membatasi kedua matanya. Tidak hanya itu, secara keseluruhan burung Pleci ini memang terlihat menarik, apalagi setelah kita mendengar kicauannya yang unik. Nah, sayangnya untuk dapat menikmati semua hal tersebut, terlebih dahulu Anda harus menjinakkan burung Pleci yang dimaksud karena rasanya hampir tidak mungkin kita bisa mengagumi keindahannya dengan mudah jika dia masih begitu liar.

Wajar saja sebenarnya, karena burung Pleci berhabitat asli di hutan, sehingga apabila Anda menangkap satu ekor burung Pleci lalu membawanya ke rumah, kemungkinan besar dia akan menunjukkan perlawanannya. Burung Pleci tidak akan mudah untuk diajak berinteraksi pada masa ini. Karena itu, cobalah untuk mempraktekkan cara menjinakkan burung Pleci berikut ini supaya nda bisa berinteraksi dengannya dengan lebih mudah.

cara-menjinakan-pleci-agar-akrab-jinak-dengan-pemiliknya

Cara Menjinakan Pleci Agar Akrab Jinak Dengan Pemiliknya

Advertisment

Letakkan Burung Pleci Dekat Dengan Keramaian

Sebagai upaya untuk membantu burung Pleci yang baru saja Anda tangkap beradaptasi dengan lingkungan manusia, cobalah untuk meletakkan burung Pleci dalam sangkar yang ukurannya tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Dengan kata lain, sesuaikan ukuran sangkar dengan proporsi yang pas terhadap keleluasaan si burung.

Kemudian, letakkan atau gantunglah sangkar tersebut, dengan burung Pleci di dalamnya, di dekat keramaian. Yang dimaksud dengan keramaian disini adalah lokasi yang sering dilalui manusia di area tempat tinggal Anda. Perlahan, burung Pleci Anda akan memahami bahwa manusia tidak lah berbahaya dan dapat merasa nyaman.

Selain itu, pertimbangkan untuk menangkap burung Pleci yang masih anakan saja, mengingat burung Pleci anakan akan cenderung lebih mudah untuk dirawat, dilatih dan juga beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Beri Pakan yang Tepat

Yang tidak kalah penting dalam menjinakkan burung Pleci yang masih liar adalah pemberian pakan yang sebisa mungkin disesuaikan dengan makanan burung Pleci di habitat aslinya. Selain itu, cobalah untuk memberinya makanan secara tepat waktu untuk menghindari Pleci kekurangan pakan. Misalnya, Anda bisa memberikan pakan pada pagi dan malam hari.

Namun, pemberian pakan ini harus dilakukan dengan lebih istimewa. Jika biasanya Anda cukup memberikan pakan pada burung kicau Anda lalu meninggalkannya selagi menyelesaikan makannya, untuk burung Pleci yang masih liar, cobalah untuk menyuapi si Pleci menggunakan lidi. Pakan yang bisa Anda berikan adalah seperti jangkrik.

Secara berkala, kurangi panjang lidi yang Anda gunakan untuk menyuapi Pleci liar Anda. Perlahan, si Pleci akan mulai terbiasa dengan rutinitas itu hingga akhirnya Anda bisa menyuapinya langsung dengan tangan Anda sendiri tanpa menggunakan lidi. Jika Pleci tidak panik terhadap perlakuan Anda, maka Pleci sudah bisa dianggap jinak. demikian untuk postingan kali ini, baca juga artikel mengenai Cara Ternak lovebird pasti berhasil

burung pleci bali,ciri ciri burung pleci tambak,cara ngatasi pleci mandek bunyi,burung gelatik batu bagus,buru g pleci dengan harga termahal,burng pleci bali,cara perawatan pleci barabai,cara merawat anakan kenari agar cepat gacor,atasi pleci macet bunyi,cara agar pakan kenari tidak berantakan

Advertisement
Cara Menjinakan Pleci Agar Akrab Jinak Dengan Pemiliknya | admin | 4.5