Cara Memilih Burung Dara Yang Berkualitas Baik

Monday, November 28th, 2016 - Merpati
Advertisement

Apakah saat ini Anda sedang memikirkan bagaimana cara memilih burung dara yang berkualitas baik? Burung dara atau merpati belum juga kehilangan popularitasnya. Spesies burung yang satu ini telah begitu lama hidup berdekatan dengan manusia. Manfaatnya yang tidak hanya sebagai hewan peliharaan, tetapi juga hewan ternak, membuat burung dara menjadi burung peliharaan ideal bagi sejumlah orang.

Tidak hanya itu, mudahnya perawatan dan pemeliharaan terhadap burung dara juga menjadi salah satu alasan mengapa burung ini sangat cocok untuk menjadi pilihan Anda. Nah, jika keputusan Anda untuk memelihara burung dara sudah matang, yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah cara memilih bibit burung dara yang berkualitas baik. Hal ini merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan jika Anda berniat untuk mengembangkan hobi Anda menjadi bisnis yang serius.

cara-memilih-burung-dara-yang-berkualitas-baik

Cara Memilih Burung Dara Yang Berkualitas Baik

Advertisment

Simaklah ulasannya berikut ini untuk mengetahui ciri-ciri burung dara yang berkualitas unggul.

Bentuk Kepala Yang Bagus

Bagaimanakah bentuk kepala yang bagus bagi seekor burung dara? Banyak disebutkan bahwa burung dara yang bagus memiliki ukuran kepala yang besar, namun tetap proporsional. Selain itu, bentuk kepala yang menonjol pada bagian batok kepala depan juga menciri-cirikan karakter unggul dari diri si burung dara tersebut.

Bentuk Paruh Runcing

Selain bentuk kepala yang harus diperiksa ketika memilih burung dara, Anda juga perlu memeriksa apakah burung dara yang akan Anda beli memiliki bentuk paruh yang runcing pada ujungnya. Ukuran paruh yang ideal adalah yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu panjang. Ukuran panjang yang pas adalah jika jarak antara ujung hidung dan ujung paruh lebih pendek dibanding jarak pangkal hidung dan bantok kepala paling atas.

Bentuk Leher Yang Kuat

Memang untuk bisa menentukan apakah burung dara memiliki kualitas gen yang unggul, kita tidak bisa memeriksa satu atau dua karakter fisik saja. Anda perlu memeriksa fisik si burung dara secara keseluruhan, tidak terkecuali pada bagian lehernya. Leher yang bagus adalah leher yang kuat dan tidak berukuran terlalu panjang. Selain itu, leher tersebut juga harus tegak, kencang dan posisinya mendongak ke atas. Meskipun bergitu, leher ini tidak kaku.

Bentuk Dada V

Faktor lain yang juga perlu diperiksa untuk memastikan bahwa burung dara memiliki kualitas yang bagus adalah bentuk dada yang berbentuk V jika dilihat dari depan. Bentuk dada yang seperti ini dapat mendukung burung dara untuk turun dengan kencang namun stabil. Sedangkan bentuk dada O memiliki efek yang sebaliknya. Burung dara dengan bentuk dada seperti ini akan cenderung turun dengan miring. jangan lupa baca juga artikel mengenaimerawat burung kacer hasil mabung

Advertisement
Cara Memilih Burung Dara Yang Berkualitas Baik | admin | 4.5