Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Dengan Bahan Sederhana

Monday, December 5th, 2016 - Tips
Advertisement

Di era saat ini tentu cara membuat pakan bebek petelur dengan bahan sederhana sangat enting untuk dimengerti. Mengingat harga pakan yang terbilang cukup tinggi, dan bisa dibilang sulit untuk menutupi biaya operasional keseluruhan. Namun anda yang ingin mecoba terjun ke dunia unggas ini, sudah ada solusi terbaiknya.

Dimana memang jika menggunakan pakan yang beredar saat ini terbilang sangat praktis dan lebih mudah. Akan tetapi jika mengingat biata tambahan yang harus kita keluarkan tentu bisa merugi. Oleh karena itu, simak ulasan yang akan kami hadirkan pada kesempatan ini. Dengan memahami cara membuat pakan bebek petelur dengan bahan sederhana ini, tentu bisa memudahkan lagi. Untuk itu, simak ulasannya berikut.

cara-membuat-pakan-bebek-petelur-dengan-bahan-sederhana

Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Dengan Bahan Sederhana

Advertisment

Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Dengan Bahan Sederhana

Sebelum kita masuk pada pokok pembahasannya, tentu kita sangat mengetahuinya bahwa banyak sekali resep atau cara membuat pakan bebek petelur dengan bahan sederhana yang bisa anda gunakan. Namun tentunya hal tersebut harus ada perhitungannya agar nutrisi bebek terpenuhi dengan baik. Namun pada umumnya, pencampuran pakan atau ransum tersebut dilihat dari porsi protein kasarnya. Dimana kami sudah membuatkan tabel protein kasar dari beberapa bahan, berikut ini:

Jenis Bahan Protein Kasar
(%) Penggunaan Maksimal Umur 0-4 minggu > 5 minggu Jagung Kuning 8 60 40 Dedak Padi 11 40 40 Tepung Ikan 50 25 15 Tepung Daging Bekicot 50 25 20 Tepung Daun Lamtoro 34.9 2 5 Tepung Daun Turi 23.5 5 5 Bungkil Kelapa 23.4 15 15 Tepung Tulang 12.5 1 3 Tepung Kerang 2.08 1 3 Tepung Gaplek 2.4 10 15

Dan tentunya anda pun mengetahuinya setiap generasi memiliki kebutuhan yang berbeda. Dan hal tersebut tidak berbeda dengan manusia, hanya memang lebih simple dan tidak serumit manusia. Dimana usia pertumbukan membutuhkan kalori yang lebih besar. Dan untuk kisarannya, bisa melihat tabel dibawah:

Jenis Nutrien Starter Grower Layer 0-8 Minggu 9-20 Minggu > 20 minggu Energi (kkal/kg) 3.100 2.700 2.700 Protein Kasar (%) 17-20 15-18 17-19 Ca (%) 0.6-1.0 0.6-1.0 2.9-3.25 Fosfor Total (%) 0.6 0.6 0.6 Lisin (%) 1.05 0.74 1.05 Metionin (%) 0.37 0.29 0.35

Selanjutnya adalah cara menghitung untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk hewan ternak anda. Dengan begitu, biaya bisa ditekan dan hasilnya pun bisa lebih maksimal. Sebagai contoh bisa mengikuti perhitungan kami dimana jika anda membutuhkan pakan 100kg. Dan melihat tabel dimana penggunaan maksimal dedak untuk mencapai nutrisi yang baik adalah 40%. Dengan demikian anda masih membutuhkan pendukung untukmenjadi 100 kg.

Penambahannya bisa dihitungan melalui nutrisi protein kasarnya, yang mana jika 40 kg dedak tersebut memiliki kadar protein sebesar 4.4%. Hasil dari berat dikalikan dengan kadar nutrisi pada tabel 1 yakni 11%.  Sedangkan untuk mencapai 100 kg, memerlukan bahan 60 kg lagi. Yang bisa dihitung bahwa kekurangan protein yang harus anda siapkan sebesar 18% (kisaran) seperti tertulis pada tabel 2 (17-20%). Maka dari itu, jika sudah terdapat dedak, sebesar 4.4% protein, maka kekurangan protein yang harus anda siapkan sebesar 13.6% (17% dikurangi 4.4%) lagi.

Dan begitu seterusnya hingga mendapatkan persentase protein kasar yang tercukupi. Namun tentunya tidak jarang uga yang masih kebingungan akan hal tersebut. Diksemeptan ini kami sudah menyiapkan contoh pakan alternative dari bahan sederhana yang bisa anda manfaatkan, sebagai berikut:

  • Jagung (giling kasar atau halus) sebanyak 40 Kg
  • Dedak halus (bekatul) 40 Kg
  • Tepung tulang 1 ½ Kg
  • Tepung ikan 10 Kg
  • Bungkil kedele 8 Kg
  • Minyak nabati ½ Kg

Yang kemudian campur semua bahan tersebut hingga terolah dengan merata, lalu anda sudah bisa memberikannya pada ternak anda. Sekian dari kami, semoga cara membuat pakan bebek petelur dengan bahan sederhana diatas bisa bermanfaat dan membantu. baca juga artikel mengenai Harga Resmi Burung Lovebird

pakan bebek petelur sederhana,perawatan burung tengkek bahan,pakan racikan branjangan,pakanlabet,membuat tebok sangkar murai dari paralon,membuat tebok kurung kotoran burung,membuat oakan branjangan,kandamg kapsul tanpa tebok,cara merawat lob bird,cara meracik makanan konin

Advertisement
Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Dengan Bahan Sederhana | admin | 4.5