3 jenis Burung Edemik Khas Papua

Wednesday, February 24th, 2016 - News, Nuri
Advertisement

setiap pulau atau provinsi di indonesia memiliki beraneka ragam ciri khas mulai dari suku hingga hewan yang menetap di daerah tersebut. salah satunya Burung yang hanya hidup di papua, burung ini hanya bisa didapat didaerah papua karena istilah edemik tersebut hanyalah bisa didaapt atau ditemukan disuatu tempat tertentu dan tidak ada ditempat lain.

Papua yang akan kaya dengan sumber energi dan mineral ini ternyata memiliki 3 jenis burung yang sangat unik sekali, baik dari bentuk dan rupanya. burung ini sekarang sudah masuk kriteria burung yang dilindungi oleh pemerintah karena keberadaannya hampir punah oleh para pemburu, kolektrok burung-burung langka, untuk dijadikan ajang bisnis.

bagi sahabat yang ingin mengetahui burung-burung edemik khas papua ini penulis akan suguhkan dengan pemaparan yang begitu renyah dan menarik, makanya sahabat semuanya jangan dulu beranjak dari blog carameratburung.com.  berikut untuk 3 Jenis Burung Edemik papua:

Advertisment

1.CENDRAWASIH MERAH

1.Burung Edemik Khas Ppaua
Cendrawasih merah atau dalam nama ilmiahnya Paradisaea rubra yaitu semacam burung pengicau memiliki ukuran tengah, dengan panjang sekitaran 33-cm, dari marga Paradisaea. Burung ini berwarna kuning serta coklat, serta berparuh kuning.

Burung cendrawasih merah jantan dewasa memiliki ukuran sekitaran 72cm yang termasuk juga bulu-bulu hiasan berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih di bagian segi perutnya, bulu muka berwarna hijau zamrud gelap serta diekornya ada dua buah tali yang panjang berupa pilin ganda berwarna hitam. Burung betina memiliki ukuran lebih kecil dari burung jantan, dengan muka berwarna coklat tua serta tak miliki bulu-bulu hiasan.
Endemik Cendrawasih merah cuma dapat diketemukan di rimba dataran rendah pada pulau Waigeo serta Batanta di kabupaten Raja Ampat, propinsi Papua Barat.

Ada Cendrawasih merah berawal dari poligami spesies. Burung jantan memikat pasangan dengan ritual tarian yang menunjukkan bulu-bulu hiasannya. Sesudah kopulasi, burung jantan meninggalkan betina serta mulai mencari pasangan yang lain. Burung betina menetaskan serta mengasuh anak burung sendiri. Pakan burung Cendrawasih Merah terbagi dalam buah-buahan serta bermacam serangga, serta seperti tersebut ekosistem dari Cendrawasih merah.

2.KASUARI GELAMBIR SATU

2.Burung Edemik Khas Ppaua
Burung kasuari ini mempunyai satu gelambir. Hewan ini berbulu lebat, serta mempunyai tinggi tubuh sekitaran 160 cm dengan berat tubuh 55-85 kg. Burung kasuari bergelambir satu mempunyai panjang kaki 45 cm. Kulit leher serta kepalanya tak berbulu, panjang gelambirnya yaitu sekitaran 3 cm, yang berwarna kuning menggantung ke bawah. Burung ini tak bersayap, hidup soliter. Hewan ini termasuk juga kedalam kelompok fruktifora atau hewan pemakan buah-buahan. Burung ini mempunyai paruh serta sepasang telinga. Berkembang biak lewat cara ovipar atau bertelur.

Kasuari gelambir satu (Casuarius unappendiculatus) hidup di Indonesia serta Papua New Guinea. Daerah sebarannya di Pulau Papua yaitu dibagian Utara pulau ini serta dari sinilah nama Inggrisnya berasal, Northern Cassowary.

3.NURI SAYAP HITAM

3.Burung Edemik Khas Ppaua
Nuri sayap hitam atau Nuri merah-biak, dalam nama ilmiah dimaksud Eos cyanogenia yaitu semacam nuri memiliki ukuran tengah, dengan panjang sekitaran 30cm, dari suku Psittacidae. Burung nuri ini memiliki bulu berwarna merah cerah, bercak ungu di sekitaran telinga, paruh merah kekuningan, punggung hitam serta memiliki irislah mata berwarna merah. Burung jantan serta betina sama.

Nuri Sayap-hitam cuma diketemukan di habitat rimba di pesisir pulau Biak serta pulau-pulau di Teluk Cenderawasih. Spesies ini kerap diketemukan serta bersarang di perkebunan kelapa.

itulah sahabat untuk artikel mengenai 3 jenis Burung Edemik Khas Papua, semoga artikel yang penulis suguhkan bermanfaat bagi sahabat semuanya dan menjadikan sumber informasi yang berguna, jangan lupa baca juga artikel mengenai Cucak IJo khas Banyuwangi. cara perwatan hariannya.

burung khas papua,burung papua,jenis burung papua,burung dari papua,burung asal papua,burung di papua,jenis burung yang ada di papua,jenis burung di papua,Burung kepodang papua,burung khas dari papua

Advertisement
3 jenis Burung Edemik Khas Papua | admin | 4.5